Kamis, 30 Mei 2019

Negeri Singa part 1


Halooooo...
Gw kembali lagi, setelah sekian lama gak ngeblog karena suatu kemalasan..
Dan sebenernya ini tulisan udah gw ketik dari Januari, tapi entah kenapa gw males dan baru post sekarang.

Liburan sebelumnya sekaligus liburan terakhir bersama kantor lama, gw gak share disini, karena gw gak merasakan feel di liburan itu, jadi lebih baik disimpan sendiri saja ceritanya..

Liburan kali ini beda (tepatnya di bulan Desember 2018), karena sama keluarga dan kami belum pernah ke negara ini, termasuk gw..

Dan gw termasuk yang menyiapkan semuanya, mulai dari beli tiket, cari hotel, belajar rute MRT, cari tempat wisata, tempat makan.

Pusing??? Jelassss

Gw beli tiket pesawat sekitar bulan Maret, dan cari hotel bulan Juni..
Kenapa gw cari tiket pesawat di bulan itu? Supaya jadi pergi dan gak cuman wacana doank, sekaligus masih agak murah juga harganya..

Murahnya berapa?? Gw beli Lion Air (waktu itu belum ada kejadian Lion Air jatuh lho ya), gw beli tiket PP untuk 4 orang habis 4,8 juta (apakah itu hitungannya murah untuk Jakarta-Singapore?)
Untuk hotel juga gw cari di Agoda, Traveloka, Airbnb, terus tanya juga ke cici sepupu yang kerja di Singapore..
Tapi akhirnya gw beli di Agoda dan gw booking di daerah Bugis namanya Hotel Nuve..
Harganya berapa?? Gw nginep selama 4 hari 3 malam, pesan 2 kamar dengan connecting door dan harganya sekitar 5,2 juta (tidak pake breakfast).. Murah?? Lumayan sih ya dengan lokasi, fasilitas, kondisi kamar & wc, kebersihan, karyawan.. oke semua, dan menurut cici sepupu sih itu termasuk hotel baru dan enak untuk ukuran hotel, walaupun ukuran kamar gak terlalu besar, jadi kami menyebutkan kost..hehehehe

Okeee next my story..

Gw sekeluarga pergi tgl 19-22 Desember 2018, naik Lion Air dari Soekarno-Hatta jam 08.20..
Gw berangkat dari kost jam 5 pagi naik Damri, sedangkan papah mamah n koko gw berangkat dari Bandung jam 12 malem naik bis Primajasa, dan mereka sampe bandara Soeta sekitar jam 4 pagi..
Gw sampai di bandara sekitar jam 6, terus langsung ketemu keluarga dan masuk ke dalam buat istirahat di dalam..

Karena ini pertama kalinya keluarga gw ke luar negri, jadi passport mereka masih bersih mulus, kalo gw Puji Tuhan udah ada beberapa cap..
Setelah check in dan masukkin koper ke bagasi, kami langsung ke imigrasi..
Dan yang bikin gw agak kesel, imigrasi disini terlalu kepo, karena pas bagian koko gw antri itu ditanyain udah ada tiket pulang belum dan butuh diliatin..
Gw heran, buat apa harus kepo dan pengen liat?? Tohh tinggal tanya tujuannya apa, dan kalo emank passportnya masih kosong, apakah itu salah?? Apa semua orang yang punya passport itu pasti harus jalan-jalan ke luar negri terus??
Karena waktu gw ke Thailand, temen-temen gw juga ada beberapa orang yang passportnya masih kosong, dan gak ada ditanyain seperti itu..
(Kalau ada yang tau apa tujuannya tuh orang imigrasi kepo harus liatin tiket pulang, bisa komen..)

Oke lanjut cerita..

Penerbangan dari Jakarta kayaknya delay sekitar 30 menit, tapi sampai di Singapore tidak terlalu telat..
Dan Singapore punya waktu 1 jam lebih cepat dari Indonesia..
Di Singapore langsung lewat imigrasi lagi dan cuman ditanya nama siapa terus langsung tempel jempol saja di finger print, terus langsung lewat, beres gak ada kepo tanya-tanya pulang kapan atau mau ngapain..
Udah gitu langsung ambil koper terus ketemu cici sepupu yang sudah nungguin..
Sampai Singapore
Setelah ketemu cici sepupu, langsung aja beli sim card Singapore, namanya Singtel, harganya 15 dollar (kurs Rp 10.500,-), dan isinya 100 Gb untuk 1 minggu masa berlakunya..
Termasuk mahal dan isinya banyak banget, sampe pas pulang pun masih sisa sekitar 95 Gb, itu udah gw pake juga buat backup ipun..hahaha
 
Setelah itu langsung naek MRT menuju hotel, sambil belajar juga MRT di Singapore gimana..
Sebenernya gw udah belajar, tapi hanya teori saja, prakteknya ya pas di tempat..
Menanti MRT :)
Dan gw rasa cukup mudah MRT di Singapore, karena teratur juga dan rapih, terus gak desak-desakkan kayak KRL di Indonesia..

MRT Singapore pun udah ada tulisan berapa menit kedatangan kereta selanjutnya, terus letak jalur masuk dan keluar orang itu sudah ada, untuk eskalator juga aturannya adalah berdiri di sebelah kiri untuk yang santai, sedangkan yang cepat jalur kanan (kayak jalan tol)..
MRT dari Changi airport ke Bugis perlu transit dulu di Tanah Merah, terus ganti tujuan ke seberangnya langsung, buat naik yang ke Bugis..
Sampai di MRT Bugis, terus jalan kaki ke hotel, gak deket tapi gak terlalu jauh juga, tapi lama-lama jadi terbiasa jalan kaki..
Naik MRT (lihat bawaannya)

Sampai di hotel langsung check in dan ternyata yang jaga saat itu orang Melayu, jadi tinggal pakai bahasa Melayu, yg jaga juga baik dan enak diajak ngobrol..
Sampai di kamar pun, kamarnya enak walaupun bukan yg luas banget, tapi nyaman dan kamar mandi juga besar, bisa dibilang kamar mandinya 1/3 ukuran total kamar..hahahaha
Setelah istirahat bentar, langsung pergi ke Bugis Junction buat makan dan makanan pertama yang dimakan adalah nasi hainan pake bebek atau babi atau ayam, ada pilihannya..
Rasa cukup enak dan harga juga 5,5 dollar kalo gak salah inget..

Udah makan, kami langsung naek MRT buat ke tempat hits nya Singapore atau ciri khasnya deh, yaitu Merlion Park..
Sampai di Merlion Park,kami foto-foto dan cuaca panas sehingga keringet gak berhenti ngucur, baju juga udah gobyos kalo bahasa jawanya..hahahah

Di rencana awal, setelah dari Merlin itu lanjut ke Orchard, tapi terus diinfo cici sepupu kalo Garden by the bay bagus pas malam, apalagi mau Natal karena ada pertunjukkan lagu Natalnya..
Akhirnya kami lanjut ke Garden by the bay dengan jalan kaki, cukup jauh dan tambah buat basah baju..
 
Kami jalan menyebrangi sungai dan melewati Brigde Helix.. setelah gw pikir-pikir itu seperti nyebrang 2 kali, karena sudah nyebrang ke Esplanade terus nyebrang lagi biar sampe Garden by the bay..

Supaya gak terasa, sambil jalan pun sambil foto-foto, ngobrol juga, tanya-tanya sama cici sepupu..
Sampe lahh di sebrang, letak Garden by the bay..

Tadinya sudah naik ke Level 4, tapi ternyata pintunya tutup, sehingga harus lewat jalur biasa..
Sampai lahh di tempatnya, dan harus beli tiket untuk naik mobil buat masuk ke dalam..
Sudah di dalam, kami langsung jalan-jalan masuk ke 2 taman buat foto-foto..



Setelah itu ke bagian yang jadi maskotnya, yg ada tiang bentuk pohon kayak air mancur itu lho, nah disitu pertunjukan malemnya juga..
Kami bersantai bentar sambil makan rujak Singapore yang dibeliin cici sepupu, dan rasany enak terus ada pangsitnya juga, ini enak menurut gw untuk pertama kali (gw makan lagi di hari terakhir, ceritanya pas yang hari terakhir ya,,hehehe)

Setelah itu kami langsung naik ke atas dan foto-foto di atas sampe lampu-lampu nyala walopun belum full..
Setelah lama foto, kami turun dan cari makan, berujung makan di Texas yang ada di food court..
Setelah selesai makan, kami langsung jalan kembali ke MRT buat pulang ke hotel dan istirahat..
Terima kasih cici sepupu sudah nemenin di hari pertama..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar